Perbedaan Web hosting vps dan cloud server ringkasan alhadyt - Teknik Komputer Jaringan Selamat datang di blog mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan huruf Flaming Arrow Glitter Purple

Teknology Layanan Jaringan

Tuesday, September 22, 2020

Perbedaan Web hosting vps dan cloud server ringkasan alhadyt

 Web hosting adalah layanan yang menyewakan space untuk aplikasi berbasis web milik anda, dimana anda bisa menggunakan nama domain yang anda miliki untuk diarahkan ke aplikasi tersebut. Anda akan diberikan fasilitas manajemen untuk mengelola web Anda. Platform yang disediakan juga bermacam-macam, biasanya PHP dan database mySQL. Layanan ini memiliki harga paling murah, namun terbatas hanya pada platform yang tersedia. Selain itu umumnya penyedia layanan hanya menyediakan 1 fisik server yang dishare bersama pelanggan lain sehingga menyebabkan akses menuju web Anda lambat.


VPS atau juga disebut Virtual Private server adalah sebuah metode untuk mempartisi ataupun membagi sumberdaya (resource) sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual. Dan server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server fisik.

Kelebihan menggunakan VPS sdiantaranya adalah :

  • Fleksibel – Anda dapat menginstall software di VPS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
  • Anda akan memiliki akses ROOT, dimana dengn mempunyai akses ini, anda dapat melakukan apa saja terhadap VPS anda
  • Garansi resource (CPU, RAM, dan Space)
  • Anda tidak akan diusir pihak hosting karena menggunakan WP-Robot atau sejenisnya.


Apa itu cloud server? Teknologi cloud server ini berbeda dengan dua teknologi di atas. Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain (Host) di”satu”kan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Dengan kata lain, cloud server tidak memiliki batasan spesifikasi sehingga Anda dapat meningkatkan storage, memory, dan prosesor sesuka hati Anda.

Cloud Server memiliki empat keunggulan utama dibandingkan dengan VPS tradisional.

Fleksibilitas hampir tanpa batas dari sisi ukuran sumber daya.
Upgrade sumber daya dalam sekejap, kadang-kadang bahkan tanpa memerlukan reboot.
Secara Signifikan mempunyai redundansi yang lebih baik
Sentralisasi penyimpanan (storage) secara redundan
Selain kelebihan diatas, cloud server juga memiliki kekurangan sebagai berikut :

Kerahasiaan data tidak terjamin bergantung dengan perusahaan penyedia jasa clooud server.Selalu ada resiko dimana data user diakses oleh orang lain yang tidak berkempentingan
Tingkat keamanan belum terjamin
Dengan menggunakan sistem cloud berarti Anda mempercayakan sepenuhnya keamanan dan kerahasiaaan data-data Anda kepada cloud provider. Sehingga saat sangat penting untuk tahu tentang kehandalan penyedia layanan cloud untuk layanan sistem informasi berbasis online milik Anda.  

No comments:

Post a Comment